Senin, 06 April 2009

Partai Yang Di Inginkan Oleh Konstituen Pada Pemilu 2009

0 komentar

*Mayoritas konstituen memilih DEMOKRAT dengan 39% suara. Hal ini menandakan kuatnya partai incumbent dalam pemilu 2009. Tokohnya yang kuat yaitu SBY semakin meroketkan DEMOKRAT melesat pada posisi pertama.
*Diposisi dua mayoritas konstituen memilih PKS sebesar 20% suara. Hal ini didasarkan akan bersihnya PKS dari tindak korupsi dengan mottonya Bersih Peduli dan Profesional.
*Partai pemenang pemilu 2004 GOLKAR menempati posisi 3 dengan 9% suara. Karena partai ini telah mendarah daging mulai dari orde baru hingga saat ini membuat konstituen merasa ada keterkaitan dengan partai ini.
*Partai yang didirikan oleh Bapak reformasi yaitu Amin Rais menempati posisi 4 dengan 5% suara.
*Menyodok pada posisi lima sebuah partai baru yang baru berulang tahun pertama pada Februari lalu yaitu GERINDRA memperoleh 5% suara. Hal ini sangat positif karena mengalahkan parta besar lainnya seperti PKB maupun PPP.
*Sebuah partai berbasiskan kaum Nasrani yaitu PDS mendapatkan 2%.
*Partai Baru yang digawangi Wiranto memperoleh 2% suara. Dan memposisikan Wiranto untuk menjadi Calon Presidennya. Walaupun kalah pada putaran pertama pemilu Presiden 2004.
*Dengan 4% suara terdiri atas partai lama dan baru yang berbasiskan masa Islam seperti PKB, PBB, PBR, dan PMB.
*Golongan Putih atau dikenal dengan GOLPUT mendapatkan 6% suara. Hal ini dikarenakan tak ada partai yang mewakilkan aspirasi dan menganggap parpol sebagai jalan pengeruk uang dan rawan akan korupsi. 
*Swing Votter yang berjumlah 9% suara beranggapan lebih baik memilih pada detik-detik saat pemilu. Karena binggung banyaknya partai yang mengikuti pemilu 2009.

0 komentar:

Posting Komentar