Rabu, 10 Oktober 2012

Wara Wiri Nang Jawa~ Sparkling Surabaya

1 komentar

Seperti tulisan blog sebelumnya pertualangan yang gak jelas :D, ane coba merincikan, mendiskrepkan, menceritakan dll apa yang ane lalui selama ini :D

Seperti biasa kalo mau terbang dari Banjarmasin ke Surabaya lewat Bandara Syamsudin Noor kecuali ente superman atau Songoku bisa terbang :D. Seperti biasa juga masuk bandara, boarding pass check in, bayar airport tax 25rb dan lari dari tipu daya asuransi yang sering menjerat orang-orang :D. Seperti biasa juga nunggu sampai dipanggil. Dan akhirnya masuk juga dalam pesawat dan seperti biasa berdoa kepada Yang Maha Kuasa :D.

Setelah kurang lebih sejam, landing juga di bandara Djuanda. Tingak-tinguk kira-kira petang hari. Dari pada ntar kemalaman. Bergegas nyari Damri untuk ke terminal Bungurasih, tiketnya 15rb/orang. Sampai dibungurasih naik Bis Damri again tapi yang jurusan Kota 4rb/org. *Kalo dipikir-pikir keliling Surabaya dengan 4rb bisa gan udah +AC lagi :D.

Berhubung sudah janjian turun di Tunjungan Plaza sama Isan temen ane yang sudah duluan di Surabaya. Dan kebetulan juga malam minggu, melepas lelah dengan cuci mata menikmati gemerlapnya malam Surabaya. Jelalatan liat sana sini sambil bawa tas backpack kaya orang turun gunung. Puas jelalatan perut ini pun lapar *kode, jalan kaki dari Tunjungan ke area seperti alun-alun, lupa namanya *padahal emang gak tau :D. mengelilingi satu putaran alun-alun gak nemu warung yang dirasa harga mahasiswa. Bla bla bla makan soto lamongan dah ujung-ujungnya :D 9rb + es teh.

Jam sudah larut, badan sudah gak kuat mengimbangi hasrat yang mengebu-gebu menikmati malam Surabaya.   Berhubung teman ane nawarin nginap di rumah keluarganya didaerah ampel, Ya tepat sekali!, daerah Makam Sunan Ampel :D. Tak usah pikir panjang kami pun menginap disitu sekalian ngirit :D. Naik taxi bertiga 19rb sampe ke ampel kembang. Kurang lebih jam 12 nyampe di lokasi, datang Tidur…
Ternyata mata pun tak mau tidur, usut punya usut dibawah ada jual nasi goreng yang baunya menggangu kami :D menimbulkan hasrat penasaran yang tinggi, kami pun tergugah untuk turun dan santap sahur :D. Baunya sih menggugah selera pas dimakan biasa aja tuh ><, 7rb pun melayang ditelan nafsu belaka. dan akhirnya bisa tidur juga...

Esoknya ane bangun, ternyata eh ternyata ni daerah pasar yang jual serba Islami bisa dibilang kampung Arabnya Surabaya maybe :D. Bangun-bangun udah kaya dimesir tempat syutingnya ayat-ayat cinta. Serba arab dah baik orang-orangnya atau bangunannya ane aja yang seperti orang bego yang turun gunung. 

Dikampung Arab jadi sarapan kudu arab juga, jalan kaki dah nyelesuri pasar nanya-nanya warung yang jual roti maryam yang enak dan pastinya harga mahasiswa. Kesana kemari nyari warung yang berbau Arab. Nemu juga tapi gak yakinin banget kalo ni warung enak, soalnya sepi. Sarapan pun berbau arab yakni roti maryam, gulai sumsum kambing dan gulai kambing kacang hijau. Icip-icip seperti gitu rasanya, NYAMAN MAKANAN BANJAR JUA *read maknyus makanan Khas Banjarmasin juga. Sarapan tersebut pun menghabiskan bekal uang kami bertiga dengan total 42rb kurang lebih 14rb/org.

Makan sudah, Saatnya balik kerumah lihat Dragon Ball dulu baru lanjut jalanya :D, klo gak salah Songuku bertarung dengan Radit kakanya. Sembari nonton, memikirkan apa yang mesti didatangi sebelum pergi ke Jepara. Browsing-browsing tempat yang asik disurabaya apa aja, muncul opsi ke jembatan Suramadu, coret karna dibanjarmasin juga ada jembatan Barito yang gak kalah juga, opsi berikutnya Mall-mall, coret kaya gak ada kerjaan ke mall :D, dan opsi ke museum pun muncul, yakni museum rokok “House of Sampoerna”.

Untuk menuju kesana kurang lebih jaraknya 6 km dari tempat kami berada. Jadi kami putuskan naik taksi kesana, eh dilalah si supir tidak tau alamatnya, buset dah, ni supir mau nipu atau emang gak tau. Supir malah ngandalin GPS handphone yang kami set untuk menuju kesana. Dari pada kami terbuai dengan alunan argo yang bergerak terus tak hentinya tanpa kepastian kami putuskan stop dijalan yakni didepan Jembatan Merah Plaza, singkatanya keren bray, yakni JMP. Argo pun berhenti di titik 20rb. (Kalo ente pernah dengar di buku sejarah tentang Pertempuran Jembatan Merah, ya disitu bray tempat yang penuh sejarah sampai-sampai ada lagunya. Jembatan Merah, sungguh gagah.. berpagar gedung indah~ karyanya Opa Gersang :D)

Dari tempat stop tadi kurang lebih 3km atau setengah perjalanan dilalui. Itung-itung hari minggu jadi kami putuskan joging sampai tujuan. Alhasil sampai juga di “House of Sampoerna” masuk museum gratis bray, maybe karena museum pribadi milik perusahaan Sampoerna atau CSRnya kali. Masuk disambut kolam ikan. ikan koi apa nila, mujair lupa ane :D. Didalamnya beaneka ragam, untuk kali ini biar photo ane yang berbicara, maaf klo photo ane jelek maklum amatiran :D.

Penunggunya gan :D awas diterkam...

gak tau ane ni buat apaan :D 

NI sepeda ontel yang punya kali

 Foto sejarahnya gan


sok paham temen ane hahahahaa


mesinnya gan, gak tau nu mesian apa juga :D *serbagaktau 

sama dengan diatas 

 marching band didikan sampoerna, kalo gak salah sampe amrik

 ni mesin untuk nyetak kotaknya gan :D

nah ni rokok beraneka ragam bungkus disesuaikan buat di ekspor gan 

SDA 

kereta gan, milik si empunya 

Sepeda motor jadul, mungkin buat mejeng malam mingguan :D 

Ni rokok yang beraneka jenis taste kayaknya *kayaknya 

ada lambang garudanya gan, spesial edition 

 Lantai dua, sebenarnya gak boleh moto dilantai dua, untung sempat moto :D

terakhir, ni kami gan :D, ane yg belang2, yang belang emang lebih enak :D


Setelah kenyang akan sejarah rokok, sebenarnya dimusium tersebut juga terdapat Kereta Bis “Surabaya Heritage” yang menelusuri perjalanan sejarah Surabaya, cukup dengan membayar Rp 15rb/org, sayang berhubung full untuk hari ini, sudah dipesan orang pagi-pagi hari sebelumnya. jadi kami tidak bisa mencicipi wisata tersebut, padahal asik kyaknya ><.

Kami pun balik jalan kaki lagi menuju pasar grosir tadi untuk makan siang, dan pastinya nyari yang harga mahasiswa. Sebut saja warteg ala amerika dengan bermodal paket 15rban kita sudah mendapatkan satu set kentang goreng, Burger dan Softdrink murah meriah lah daripada makan direstoran.

Perut kenyang pulang nanggung, jalan-jalan bentar liat JMP kali aja ada yang kecantol :D. Kurang lebih seperti Tanah Abang, cuma ini lebih mini. bosan menelusuri saatnya pulang istirahat, karena untuk menuju Karimunjawa, kita lewat jalur darat menuju Jepara yang bisnya cuma ada 2 jenis bis yang menuju kesana dan adanya pagi hari dan malam hari jam 8 dan 9 malam.
Istirahat cukup, dan waktu menunjukan pukul 6 lewat kami pamitan kepada keluarga teman kami dan melanjutkan perjalanan ke Jepara.

Berjalan kaki dari ampel kembali lagi ke JMP, menunggu bis kota menuju terminal bungurasih. 5 menit menunggu bis kota datanglah bis kota swasta seperti kopaja kalo dijakarta. Ongkosnya 4rb juga, mending yang bis damri ya bro :D bisnya baru +AC lagi dan bersih. Sampai di Bungurasih kami mencari bis yang bernama Indonesia, namanya Nasonialisme banget :D, selain Bis Jaya Utama. Setengah jam menunggu akhirnya tiba juga bisnya, dan kami pun bergegas masuk takut kehabisan :D
Perjalanan saya di surabaya pun berakhir sejalan dengan berjalananya bis.
Bersambung…

Review sebentar berapa dwit yang ane keluarin sampe nyungsep di Surabaya selama sehari semalem.
Tiket Banjarmasin-Surabaya LCC Rp 119rb
Airport Tax Syamsudin Noor Rp 25rb
Bis Damri Djuanda-Bunguraasih 15rb
Bis Kota Damri Rp 4rb
Makan malam soto lamongan dan es teh 9rb
Taksi Tunjungan Plasa-Ampel Rp 19rb/3 jadi Rp 6500 :D
Masih lapar ngembat nasgor lagi Rp 7rb
Sarapan ala Arab, roti maryam dan gulai-gulai total 42rb karena bertiga jadi Rp 14rb :D
Air Mineral 2 biji + 2 Teh Botol Rp 10rb
Taksi muter-muter gak jelas 20rb bertiga jadi Rp 6500 juga :D
Makan siang di warteg ala amerika Rp 16500 (udah sama Ppn ><)
Becak untuk pulang ke Ampel 15rb bertiga lagi jadi Rp 5rb :D
Bis Kota-Bungurasih Rp 4rb

Dan saya menghabiskan Rp. 211rb

Minggu, 07 Oktober 2012

Wara Wiri Nang Jawa~

3 komentar

Welcome to my blog :D
Lama gak posting tulisan baru, kali ini saya akan share liburan saya, di Surabaya, Karimunjawa dan Jogyakarta selama seminggu pada bulan april lalu. Liburan ini bermula ketika teman iseng mengajak jalan-jalan ke karimunjawa island sebut saja namanya Isan. Pulau Eksotis yang masih asri dan masih sedikit wisatawan tau akan wisata bahari tersebut. Padahal tidak kalah dengan obyek wisata lain seperti Bali dan Lombok :D. Rencananya kami bertiga menuju kesana yang kebetulan satu kawan sudah menunggu disurabaya. dan iseng mengklik salah satu situs maskapai penerbangan low cost carrier, kebetulan ada promo 120rb ke semua penerbangan. 

Tanpa pikir panjang langsung booking kapan lagi dapat tiket semurah itu kesurabaya :D. Bla bla bla brangkat juga ane sama teman saat SMA dulu sebut saja Rudi. Berangkat dah kesurabaya dengan nekat berdua, karena pada saat itu yakni bulan maret-april ombak lagi tinggi-tingginya dan kemungkinan tidak ada pelayaran dari jepara menuju karimunjawa. Sampai-sampai menghubungi petugas pelayaran setempat, beliau pun tak member kepastian atas pelayaran kekarimunjawa pada saat itu. Browsing kesana kemari mencari Trip perjalanan yang murah disana, tidak ada yang berani membuka perjalanan karena ombak tersebut masih galau. Hingga menimbulkan opsi kalo tidak jadi, banting arah ke Bali atau Lombok. Akan tetapi nemu juga yang nyediain trip kesana dengan biaya 550rb perorang include akomodasi, sarapan, lunch dan trip perjalanan selama dua hari berkeliling kepulau-pulau kecil Karimunjawa.

Seminggu perjalanan yang AWESOME banget :D, dari Surabaya menelusuri jalan Surabaya, wisata bahari Karimunjawa Island dan teakhir wisata sejarah Jogya.

Soal ongkos yang ane keluarin kurang lebih menghabiskan satu juta rupiah bahkan bisa kurang kalo ane lebih hemat :D, terserah sih anda menilai hal tersebut tergolong murah atau mahal yang penting perjalanan tersebut tidak bisa dinilai dengan materi melainkan dengan HAVE FUN :D.
Perjalanan pun dimulai eng ieng..
Mau tau kecerian perjalanan kami selanjutnya simak di episode selanjutnya :D
Bersambung…

Jumat, 06 Juli 2012

KENAKALAN-KENAKALAN SUPIR TAKSI KOTA-KOTA BESAR

1 komentar

Setahun gk pernah posting, ><, daripada gk posting ane posting tugas kuliah ane :D

Pertama-tama Apakah Taksi itu??
Taksi merupakan angkutan umum yang menggunakan mobil untuk mengangkut penumpangnya. Taksi umumnya menggunakan mobil jenis sedan, namun di beberapa negara ada pula taksi jenis van yang dapat mengangkut lebih banyak penumpang atau muatan. (wikipedia)

Lantas apa beda dengan moda transportasi lainnya? 
Taksi berbeda dengan moda transportasi lainnya, salah satunya dalam perhitungan tarif. Tarif taksi dihitung melalui dua cara, yaitu : (Wikipedia)
  • menggunakan argometer dihitung secara otomatis tergantung jumlah jarak yang ditempuh 
  • berdasarkan kesepakatan penumpang dan pengemudi menyepakati tarif sebelum (kadang bisa juga sesudah) perjalanan.
Kenakalan-Kenakalan Supir Taksi tersebut yakni:
  • Pemakaian “Argo Kuda” Pada Agrometer Taksi
  • Upaya memutar-memutar penumpang sehingga ongkos taksi membengkak
  • Kenakalan lainnya seperti pemasangan stiker palsu wilayah operasi 

SEKILAS AGROMETER
Adapun Parameter yang diukur oleh Argometer taksi adalah sebagai berikut: (Kaskus)
·         Flagfall (Rit), Pembebanan biaya pertama kali penumpang masuk ke dalam taksi. Orang-orang menyebutnya harga buka pintu.
·         Biaya per km (Drop), Dihitung setelah taksi bergerak 1 km tempuh.
·         Biaya waktu tunggu, Dalam kondisi berhenti, berjalan mundur, atau Macet

 REKAYASA AGROMETER
“Argo Kuda”
Minimal ada lima metode untuk mempermainkan argometer : (kaskus)
·         Metode Gitar
·         Metode Tukar Saklar
·         Metode Zero
·         Metode Gulung Argometer
·         Metode Argometer Tembak/Borongan

Memutar-Memutar Penumpang
·         Modus yang kerap kali hadir disekitar kita yaitu bilamana kita hendak berpergian keluar kota ataupun berwisata kedaerah yang belum dikenal.
·         Menggunakan taksi sebagai transportasi yang nyaman dan muat beberapa orang sekaligus.
·         Dengan dalih mencari jalan alternatif supir tersebut mencari jalan terjauh ataupun berputar-putar dahulu sebelum sampai ketujuan.
 
 Beroperasi Dibukan Wilayah Operasinya 

Modus ini yaitu dengan beroperasi di wilayah yang bukan ijinnya ataupun dengan memakai ijin palsu atau dikenal dengan taksi gelap
 

Apa yang kita perbuat?
Dalam upaya penindakan tersebut setidaknya 2 undang-undang yang dapat menjerat perilaku supir nakal, yaitu :
 Undang-Undang Nomor 2 Tahun 1981 Tentang Meterologi Ilegal
Pada penjelasan pasal 25 Maksud adanya larangan ini ialah untuk melindungi agar tidak ada pihak yang dirugikan akibat dari pemakaian alat-alat ukur, takar, timbang atau perlengkapannya yang tidak memenuhi kebenaran, kepekaan dan ketepatan penunjukannya.

Ancaman pidana penjara selama-lamanya 1 (satu) tahun danatau denda setinggi-tingginya Rp. 1.000.000,- (satu juta rupiah).”

UU No. 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen
Pelaku usaha dilarang memproduksi dan/atau memperdagangkan barang dan/atau jasa yang tidak memenuhi atau tidak sesuai dengan standar yang dipersyaratkan dan ketentuan peraturan perundangundangan.
Dengan Ancaman pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun atau pidana denda paling banyak Rp 2.000.000.000,00 (dua milyar rupiah).

TIPS AMAN BERTAKSI
·         Pilihlah taksi yang mempunyai kredibilitas yang baik.
·         Perhatikan ciri khas armada taksi, seperti nomor lambung dan pelat nomor kendaraan.
·         Periksa apakah foto di kartu pengenal pengemudi sama dengan wajah pengemudinya.
·         Sebutkan tujuan anda dengan jelas dan mantap ke supir Taksi untuk menghindari agar anda tidak diputar-putarkan di jalanan
·         Perhatikan Agrometer yang tertera sewaktu-waktu
·         Untuk mendapatkan taksi terbaik adalah naik taksi dari pangkalan resminya, seperti hotel, rumah sakit, atau pusat perbelanjaan.

TIPS PALING AMAN BIAR TIDAK KETIPU…
NAIK BAJAJ Gan… :D

 
 


Jumat, 22 April 2011

6 Fakta sosial dalam Vclip The Click Five~Dont Let Me Go

2 komentar
Thanks agan2 yg mampir,,

iseng2 kemaren liat youtube nemu video clip baru dari The Click five yang judulnya Dont let me go,,

ampir tiap hari ni lagu gw mainin mulu,, gak ada bosenya, akan tetapi terdapat 6 fakta moral dan sosial yang disampaikan dalam video clip tersebut,

1. At any one point 2,5 million victims are trafficked worldwide | 2,5 juta korban diperdagangkan di seluruh dunia

2. 1,2 million children are trafficked each year | 1,2 juta anak diperdagangkan setiap tahun

3. 30% of female victims are forced into labor | 30% korban perempuan dipaksa melahirkan

4. 70% of female victims are trafficked into the commercial sex industry | 70% korban perempuan diperdagangkan ke industri seks komersial

5. Changes are it’s happening right front of you | Kemungkinan hal itu terjadi kanan depan Anda (lingkungan sapa saja)

6. Annual revenue generated by trafficking is over $ 32 billion | Pendapatan tahunan yang dihasilkan oleh perdagangan adalah lebih dari $ 32 Milyar

ni penampakan video clipnya,, lagunya aja mantep gan,, apalagi Video clipnya


keprihatinan saat ini melihat fakta tersebut :marah di laen hal sedih melihat korban2 yg diperdagangkan dan di exploitasi :berduka:berduka:mewek

ayo agan2 maupun sista mari kita tanamkan dalam hati kita STOP Human Trafficking,,


Kunjungi gan situs langsungnya dari MTV EXIT

MTV EXIT

THANKS AGAN dan SISTA dah Mampir,, mudah2an dapat berguna bagi semua.. :D